Saturday, February 11, 2012

Cara Membeli Produk di Amazon

Berawal dari pertanyaan yang dianjukan oleh seorang sobat di forum GTJ, sobat tersebut menanyakan apakah di indonesia kita bisa belanja online di amazon.com? dan ada sebuah komentar lain yang mengatakan Bukannya amazon.com cuma untuk United States?” dengan kata lain untuk Indonesia tidak bisa.
Tujuh tahun sudah saya menjadi pelanggan dari amazon.com. Khususnya di amazon.com saya biasa membeli CD atau DVD musik classic seperti Luciano Pavarotti, Andrea Bocelli, Josh Groban, Il Divo, Sarah Brightman, dsb.
Meskipun hampir semua barang disediakan di situs tersebut, namun tidak semua barang bisa dikirim ke luar Amerika. Tentunya untuk barang-barang yang berukuran “besar, berat dan mewah”, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika. Uniknya piringan PS3 juga tidak bisa. Tidak tahu mengapa, padahal format dan beratnya relatif sama dengan DVD, maupun Blu-ray Disc.
Saat pertama kali saya mencoba untuk transaksi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, banyak sobat mengatakan bahwa kartu kredit dari Indonesia tidak diterima untuk transaksi internasional seperti itu. Namun ternyata setelah saya buktikan sendiri, hal itu tidaklah benar. Bahkan hingga menjelang di tahun ke-delapan, tidak pernah ada kendala satu kalipun dalam transaksi di amazon.com.
Berdasarkan pengalaman pribadi selama ini, berbelanja secara di amazon.com cukup menyenangkan. Service-nya cepat dan bagus. Ketika kita memilih sebuah judul album, secara otomatis amazon.com akan memberi informasi dan menawarkan kepada kita sejumlah judul album dengan jenis yang sama dengan musik yang kita pilih itu, atau berdasarkan artis atau penyanyinya.
Kalau kita melakukan pre-order, maka ada jaminan bahwa harga yang ditawarkan itu tidak akan naik, meskipun ketika jadwal rilisnya tiba harganya naik. Sebaliknya, kalau harganya turun, yang dipakai adalah harga termurah saat jadwal rilisnya tiba. Keren kan?
Ketika transaksi sudah kita lakukan, maka kita akan mendapat konfirmasi via e-mail tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli, berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan kepada siapa paket tersebut kita minta dikirim. Hal ini penting bagi kita untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran transaksi tersebut.
Oh ya, perlu diketahui beberapa waktu yang lalu amazon.com hanya bisa mengirimkan barang berupa buku atau CD/DVD ke indonesia tapi sekarang amazon.com sudah mendukung pembelian dan pengiriman barang ke banyak negara di dunia dengan adanya Amazon International Shipping. Di Amazon International Shipping kita telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US sana sehingga kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh bea dan cukai indonesia.
Ada tiga pilihan jenis cara pengiriman berdasarkan jangka waktu pengiriman sampai dengan perkiraan waktu penerimaan barang, yakni:
1. Standard International Shipping - 17 s.d. 26 hari kerja
2. Expedited International Shipping - 5 s.d. 10 hari kerja
3. Priority International Courier - 3 s.d. 6 hari kerja
Pilihan yang pertama dan yang kedua untuk di Indonesia menggunakan jasa PT. Pos Indonesia. Sedangkan pilihan ketiga, biasanya menggunakan jasa kurir internasional, seperti FedEx atau DHL. Semakin cepat jangka waktu pengirimannya tentu makin mahal pula ongkos kirimnya.
Pada setiap transaksi yang kita lakukan selalu diinformasikan tentang perkiraan waktu penerimaan barang sesuai dengan jenis cara pengiriman yang kita pilih. Hebatnya, perkiraan waktu penerimaan tersebut relatif akurat meski terkadang meleset tapi biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja. He..he…
Kita juga dapat memantau perjalanan paket kita itu melalui website amazon.com. Mulai dari waktu pengepakannya, pengirimannya dari Amerika, paket kita itu sudah ada di mana, dan tahapan proses apa sudah masuk Indonesia? Sudah diproses Bea Cukai? Dan seterusnya. sampai akhirnya kapan kita telah menerimanya. Atau juga melalui website Pos Indonesia online dan berstatus sebagai Kiriman Tercatat Luar Negeri.
Sebagaimana semua barang yang masuk dari luar Indonesia, paket-paket kita yang dari amazon.com ini juga harus melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. Biasanya paket itu dibuka untuk diperiksa isinya, kemudian dibungkus kembali. Kalau nilai barangnya tidak melewati batas nilai tertentu dalam rupiah, tidak ada biaya tambahan, kecuali membayar biaya bungkus kembali sebesar Rp7.500 per paket.
Yang tidak lazim di Indonesia, tapi ada di amazon.com, yakni barang yang sudah dibeli masih bisa ditukar atau dibatalkan. Bahkan untuk yang sudah telanjur dikirim pun masih bisa dikembalikan, tentunya dengan disertai alasannya.
Pernah satu kali saya mengembalikan DVD yang saya terima. Ketika itu tidak tahu mengapa DVD yang saya beli tidak bisa dimainkan/diputar di player saya. Maka saya langsung cepat-cepat kirim kembali. Ternyata bisa diterima, dan uang saya dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang saya pakai untuk membayar DVD tersebut.
DVD musik classic/seriosa yang sudah saya koleksi dari amazon.com, antara lain,
Demikianlah sekedar sharing sekelumit pengalaman berbelanja di amazon.com yang merupakan “The Biggest Market” di dunia dengan pelayanan yang oke dan keren. Semoga bermanfaat...
Sumber: Dari Berbagai Sumber dan Pengalaman Pribadi

305 comments:

  1. Nah ini lho om, saya mau mencari artikel ini :D
    dulu sudah pernah membaca dan sekarang pengen berkomentar :D

    sebenarnya lewat google bisa, tapi sekalian lihat di blog om belum ada kotak pencarian jadi request dah

    ---
    btw tentang artikel ini sangat menarik om...
    ternyata om pernah belanja di amazon, kalau saya mah belum sama sekali :D

    hebat pengalaman yang mantap. benar2 berbagi nih om :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ini toh.. Syukron atas masukannya sob...
      ---
      Sebetulnya saya mulai belanja di amazon.com sudah lebih dari 10 tahun, hanya dulu masih menggunakan akun & kartu kredit saudara. Nah sejak Maret 2004 baru mulai pakai akun sendiri deh, itu pun sebatas pembelian CD & DVD. Sedangkan mulai beli barang elektronik baru 1 tahun lalu, itu pun yang ukurannya relatif kecil. He..he...
      Sekali lagi saya sampaikan ﺸﻜﺮﺍﻜﺜﻴﺮﺍﺠﺰﺍﻜﻢﷲﺒﺄﺤﺴﺎﻦﺍﻠﺠﺰﺍ atas atensi serta sarannya sob. Salam berbagi...

      Delete
    2. Yups om sama2...
      jempol dah untuk om
      wah sudah lama be ge te... :D
      berpengalaman banyak nih om ichsan :-)

      afwan, wa iyyaka

      Delete
    3. Hanya sekelumit pengalaman sob, dan tentunya lebih berpengalaman saudarayang sebelumnya saya pinjam akun & kartu kreditnya. He..he...
      Afwan kadzaalik...

      Delete
  2. Salam kenal sebelumnya mas, atikelnya sangat menarik, saya sebenarnya pingin belanja di amazon, tapi masih bingung soalnya di situ ada pilihan PRICE,NEW, DAN USED,saya perhatiin harga yang New lebih murah di banding yg Price..apa itu karena yang jual pihak ketiga?apakah jika kita belanja campuran antara Price,new,dan used barangnya bisa di kirim bersamaan??

    rencana saya mau membeli CD, kalo misal saya membeli 10 Pcs CD kira2 kena bea brp ya mas...mohon sharingnya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga sob...
      Setahu saya ada 3 macam, buy new (benar-benar baru), new (baru, stok lama), used (bekas, atau barang retur)
      Harga New biasanya hanya harga produk-nya, jadi belum + biaya shipping.
      3 bulan lalu saya beli 5 buah DVD, jika pengiriman hanya 1 item biayanya US$6.5, tapi karena 5 item saya dapat diskon & biaya pengiriman seluruhnya menjadi US$23.5.
      Menurut saya sebaiknya sobat kalkulasikan sendiri & konsultasikan langsung dengan operator Amazon, karena menurut info yang saya terima ada kenaikan harga & biaya pengiriman.
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  3. trima kasih sangat membantu...
    mau tanya...
    kalo barang yang kita beli itu free shipping, kira2 jangka waktunya sampai ke indonesia berapa hari ya?

    trima kasih sblmnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob...
      Kalau tidak salah & kalau ke Cianjur sampainya sekitar 2 minggu lebih sob.
      Btw, terima kasih atas kunjungannya sob...

      Delete
    2. ohh...
      kalo tdk salah dulu indonesia di blacklist kan? jadi ga bisa pesan dari Indonesia. apa sekarang udah bisa?

      Delete
    3. Konon katanya sih begitu, tapi saat saya mulai pertama kali sekitar tahun 2001, credit cardnya (visa) yang saya gunakan diterima & tidak ada masalah kok.
      Tapi dulu masih sebatas pembelian CD & DVD. dan kalau sekarang sudah bisa untuk pembelian camcoder & elektronik kecil lainnya. Kalau perabotan rumah tangga yang besar atau barang mewah belum bisa sob. He..he...

      Delete
    4. trus, kalo udah sampe di Indonesia masih ada bayaran tambahan gak? maksudnya "biaya bungkus kembali" itu yg bayar siapa?

      Delete
    5. Kalau berupa DVD, hanya kena biaya repacking sekitar Rp.7.000 s.d. Rp.10.000, tapi kalau saya biasanya kena Rp.7.000 tapi kadang Rp.7.500. Dan yang bayar kita (pembeli), nanti juga ada invoice-nya kok sob...
      Semoga membantu...

      Delete
  4. Assalamu'alaikum akh ichsan... ane pengen banget beli ebook reader di amazon.. tp masih agak ragu, takut aj gt... mohon petunjuk n solusinya... syukron..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ﺃﻠﺴّﻼﻢﻋﻠﻴﻜﻢﻮﺮﺤﻤﺔﷲﻮﺑﺮﻜﺎﺘﻪ ﻴﺎﺃﺨﻰ . Ragu bagaimana sob?
      Kalau berdasarkan pengalaman ana sih, tidak pernah ada masalah tuh.
      Jujur ana belum pernah belanja semacam ebook reader, tapi kalau tidak salah itu sejenis software kan?
      Kalau ya, jika sobat sudah punya akun, sobat tinggal membeli & membayarnya menggunakan Credit Card. Nanti software tersebut bisa kita download & SN atau CD Key-nya dikirim ke email kita.
      Namun jika berupa DVD, maka caranya sama dengan membeli DVD musik seperti tersebut di posting.
      Sekian & Semoga Bermanfaat...

      Delete
  5. salam kenal sebelumnya. saya mau tanya nih, kalau saya beli 3 buku di amazon total USD 49.96 ditambah biaya shipping USD 19.96 sehingga total menjadi USD 69.92. Apakah kena biaya bea dan cukai lagi ? karena yang saya pernah dengar, jika pembelian dibawah USD 50 tidak kena biaya bea dan cukai. USD 50 itu dihitungnya total (barang + shipping) atau barang saja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang Amazon sudah mendukung pembelian/pengiriman barang ke banyak negara termasuk Indonesia dengan Amazon International Shipping.

      Nah dengan adanya Amazon International Shipping kita selaku buyer telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US di sana jadi kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh BC indonesia.

      Namun hanya dikenakan biaya repacking (packing ulang) sekitar tujuh ribu rupiah saja.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. terima kasih atas penjelasannya

      Delete
  6. selamat malam mas,
    bagus ne sharenya. :-)

    kebetulan saya tertarik tuk belanja di amazon.com
    tapi yg menjadi satu permslhan buat saya adalah, kata teman saya, barangnya itu bakal tertahan di bea cukai..kebetulan saya ingin membeli mesin espresso..hehehehehe.....
    gmn tuh mas?
    mohon pencerahannya....
    thanks before..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru di balas...
      Meskipun hampir semua barang disediakan di Amazon, namun tidak semua barang bisa dikirim ke luar Amerika. Tentunya untuk barang-barang yang berukuran “besar, berat dan mewah”, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika.
      Namun saya tidak tahu kalau mengenai mesin espresso, karena memang saya belum pernah mencoba/membelinya.
      Tapi jika belanjaan kita disetujui (approved) oleh Amazon untuk dikirim ke sini. Maka menurut hemat saya tidak akan ada masalah di BC. Karena itu dianggap sudah memenuhi kriteria Amazon International Shipping.
      Btw, saya pernah mencoba membeli salah satu peralatan pertanian, dan secara otomatis pihak Amazon menolak/tidak menyetujuinya dengan alasan barang tersebut tidak bisa dikirim ke negara anda. He..he...
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. terima kasih atas pencerahannya mas..
      :-)

      untuk mengetahui belanjaan kita d approved atau tidak bagaimana ya mas? hehe...maklum, mase newbie bgt mas..
      trus, seandainya udah di approved, saya menggunakan standart shipping international, barangnya tersebut akan di kirim oleh kurir atau kita yang harus mengambil sendiri ke BC nya mas??

      :-)

      Delete
    3. Sama-sama sob...

      Setelah proses pembelian selesai, kita akan mendapat konfirmasi via email tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli (apa yang bisa/tidak bisa), berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan tujuan pengiriman.

      Setelah proses seluruhnya selesai, kita tinggal menunggu kurir dari kantor Pos datang ke rumah (alamat penerima) sekitar 2 minggu lebih (17 s.d. 26 hari kerja) menyerahkan pesanan kepada kita plus invoice repacking dari BC (sekitar 7 ribuan).

      Semoga bermanfaat...

      Delete
  7. mau tanya dong kalo kira" biaya kirimnya berapa ya. terus bayarnya otomatis dipotong dari kartu kredit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kirim tergantung dari barang yang kita beli sob jika dalam jumlah cukup banyak biasanya ada potongan, nanti saat sudah kita selesai belanka kita bisa melihatnya di check out. Di sana bisa lebih jelas harga barang & biaya pengirimannya.
      Jika menggunakan Credit Card, maka nanti biaya dibebankan ke Credit Card kita.

      Btw, nanti kita akan mendapat konfirmasi via email tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli (apa yang bisa/tidak bisa), berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan tujuan pengiriman.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  8. mau tanya donk.. sbenernya pengen beli barang dari amazone, tp gak punya Credit Card.. pembayaran selain pakai credit card ada gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 macam jenis pembayaran di amazon, diantaranya
      1. Credit/Debit card (visa, mastercard, Amex, dsb)
      2. Amazon Gift Cards & Promotion Codes
      3. Amazon Store Card
      Namun kalau saya sih baru pakai credit card, sedangkan yang lain belum pernah coba sob. He..he...

      Delete
  9. mau beli accessories handphone kok gak bisa terus ya...
    "We're sorry. This item can't be shipped to your selected destination. You may either change the shipping address or delete the item from your order. "

    Credit/Debit card (visa, mastercard, Amex, dsb), kartu atm bank mand*ri termasuk gak?? bisa??
    hehee maap belum pengalaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak semua barang di amazon bisa dikirim ke Indonesia khususnya barang-barang yang berukuran “besar, berat dan mewah”, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika. Tapi saya baru tahu kalau aksesoris ponsel juga tidak bisa, maklum saya belum pernah beli.
      Btw, debit mand*ri itu kalautidak salah mastercard ya? Kalau benar & saldo mencukupi & diapprove oleh pihak bank & amazon, maka tentu saja bisa. Karena memang proses debit tidak sefleksibel credit card sob. He..he...
      No problemo sob.
      Btw, saya sendiri dulu saat pertama kali pinjam credit card punya saudara, terus bayarnya ke dia deh. He..he...

      Delete
  10. info yang sangat bermanfaat nie bos...makasih atas pencerahannya...boss.kekekeke.....barusan ane cobaa pakai giftcard untuk amazon .german.coba beli camera digital muter2 akhrnya brgnya ad yg d aprove..mo beli kindle,atau handphone ternyata bener ga bisa....semoga selamat sampai rumah..aminn.......sekali lg termksih infonya bossss..salam http://www.facebook.com/dedy45

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas komentar & infonya sob.
      Semoga camdi-nya cepat keterima. Amien...
      Terima kasih kembali & Salam Bergabi sob!...

      Delete
  11. asalamualaikum,,,
    sebelumnya terimakasih infonya..
    saya pengen beli jam sony...kira2 bisa ga untuk pembelian itu???nyampe ke indonesia berapa lama??makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ﻮﻋﻠﻴﻜﻢﺍﻠﺴّﻼﻢﻮﺮﺤﻤﺔﷲﻮﺒﺮﻜﺎﺘﻪ
      Afwan baru dibalas sob...

      Jam Sony bisa sob, karena tidak masuk kategory barang mewah & nilainya pun tidaklah besar. Bahkan Camdi atau Camcoder Sony juga bisa.

      Amazon sudah mendukung pembelian/pengiriman barang ke banyak negara termasuk Indonesia dengan Amazon International Shipping.
      Nah dengan adanya Amazon International Shipping kita selaku buyer telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US di sana jadi kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh BC indonesia.

      Namun kita hanya dikenakan biaya repacking (packing ulang) sekitar tujuh ribu rupiah saja.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  12. Assalamu'alaikum...terimakasih utk infonya yg sgt bermanfaat. Tp ada bbrp hal yg ingin sy tanyakan, smg tidak menyusahkan. Pernah ada teman yg bilang kalau belanja di amazon.com yang inggris lbh murah ongkirnya drpd yg di amerika, apa bener ya? ..."Kalau nilai barangnya tidak melewati batas nilai tertentu dalam rupiah, tidak ada biaya tambahan, kecuali membayar biaya bungkus kembali sebesar Rp7.500 per paket." Kira2 berapa batas nilai terbesar spy tdk kena biaya tambahan dr bea cukai indonesia? Terimakasih sebelumnya krn mau menjawab pertanyaan saya & smg mendpt pahala atas kesediaannya berbagi info2 yg bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ﻮﻋﻠﻴﻜﻢﺍﻠﺴّﻼﻢﻮﺮﺤﻤﺔﷲﻮﺒﺮﻜﺎﺘﻪ
      Waduh afwan sob, saya belum pernah beli barang dari Amazon Inggris, maka saya tidak bisa memberikan jawaban sob.

      Yang pasti, jika barang sobat di-approve oleh pihak Amaon, maka barang tersebut tidak termasuk kategori barang mewah. Karena meski hampir semua barang disediakan di Amazon, namun tidak semua barang bisa dikirim ke luar Amerika. Tentunya untuk barang-barang yang berukuran “besar, berat dan mewah”, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak bisa dikirim ke luar Amerika.

      Dan selama barang yang saya beli di approve, tidak pernah ada biaya tambahan dari BC, kecuali biaya repacking sekitar tujuh ribu rupiah saja.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      ﺃٰﻤﻴﻥﻴﺎﺮﺐّﺍﻠﻌٰﻠﻤﻴﻥ

      Delete
  13. gan kalo pembayaran pake Paypal bisa gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sob hingga kini pembayaran di Amazon tidak/belum bisa menggunakan PayPal...

      Delete
  14. gan nanti barangnya langsung diantar ke rumah kita atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap langsung diantar ke alamat penerima, kalau pakai yang standard shiping kita tinggal menunggu kurir dari kantor Pos datang ke rumah (alamat penerima) sekitar 2 minggu lebih (17 s.d. 26 hari kerja) menyerahkan pesanan kepada kita plus invoice repacking dari BC (sekitar 7 ribuan) sob...
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukron sob. Okay saya langsung meluncur ke sana. He..he...

      Delete
  16. Tanya Om....saya punya debet card dari payoneer...tapi tidak ada dollarnya...apakah bisa buat belanja di amazon ?
    Trus...kalau bayar invoice repacking 7500 dimana ya...?

    ReplyDelete
  17. kemudian prosesny bgmn apakah saya harus transfer atau nantinya akan terpotong dengan sendirinya??
    mhn balasanny…. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat balas...
      Btw, debet card payoneer logonya apa? Kalau logonya visa atau mastercard sih bisa, tapi kalau bukan, saya kurang tahu sob...
      Kalau pembayaran invoice repacking kita bayar ke petugas yang ngantar barang, saat datang barang petugas akan menyerahkan invoice repacking, nah kita bayar ke dia, lalu kita akan diberikan bukti pembayarannya (slip yang asli).
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  18. Sangat bermanfaat infonya Thanks Gan Ichsan, btw misalnya saya mau beli nih blu-ray Platoon yang harganya $7,99, jadi total yang saya bayar sampe ke Makassar kira2 berapa gan? mohon pencerahannya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukron sob...

      Btw, harga BD-nya (Blue-Ray Disc) sekarang murah sekali ya...
      Btw, Tahun kemarin saya beli BD dengan harga US$21, ongkirnya US$6 (Standard International Shipping). Jadi totalnya US$27, atau sekitar Rp. 243.000 per buah.
      Agar harga lebih murah lagi, maka saya beli sekaligus 5 buah BD, total US $105. Ongkirnya jadi US$23.08 total jadi Rp. 1.152.720, atau rata-rata perbuah Rp.230.554. Lumayan dapat discount ongkir sekitar US$6,92. He..he...

      Btw, untuk ongkir satu buku, CD, DVD, BD biasanya berkisar antara US$3.00 - US$6.00

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. Thanks infonya gan,,,,,sy udah coba2 nih order BD sebanyak 2 item Collection,
      Item Subtotal: $32.96
      Shipping & Handling: $12.97
      Total Before Tax: $45.93
      Shipment Total: $45.93
      Paid by Mastercard: $45.93
      memang agak murah sih dibandingkan saya beli melewati jasa pembelian yang bisa sampe 650rb,,,kalo tahu dari dulu he he he,,,trus yang jadi pertanyaan berikutnya gan(sory banyak nanya he he he) kalo barang udah sampe apa nggak kena bea impor lagi??? apa aturannya udah ada gan takutnya nanti sy dibodo2 in sama petugas bea cukai (parno mode on),,,,,thanks before atas infonya gan

      Delete
    3. Tidak ada bea import sob, kan Amazon sudah mendukung pembelian/pengiriman barang ke banyak negara termasuk Indonesia dengan Amazon International Shipping.

      Dengan adanya Amazon International Shipping kita selaku buyer telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US di sana jadi kita tidak akan dikenai biaya impor lagi oleh BC indonesia

      Dan kita hanya dikenakan biaya repacking (packing ulang) sekitar tujuh ribu rupiah saja sob.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  19. bro, kalo kita beli barang dari amazon, nanti kita dikasih tracking number ga, jadi kita bisa ngecek status pengiriman kita. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sob..
      Saat order kita disetujui oleh Amazon nanti kita mendapat email tentang rincian transaksi, setelah kita confirm maka kia akan mendapatkan no. tracking yang dapat kita pantau melalui situs amazon (daftar history akun kita)& jika pengiriman melalui USPS (U.S. Postal Service) kita pun dapat meacaknya melalui website Pos Indonesia online dan berstatus sebagai Kiriman Tercatat Luar Negeri.
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  20. pak,

    ada cara settingan untuk Amazon International Shippingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gin: Semua transaksi yang sudah disetujuioleh pihak Amazon, pengirimannya sudah difasilitasi oleh Amazon International Shipping. Termasuk pengiriman ke Indonesia.
      Semoga bermanfaat...

      Delete
  21. yes nemu juga artikel ttng belanja di amazon... langsung aja, saya ini mau belanja di amazon, tp bingung masalah Ongkirnya.. kata temen murahan di amazon UK ketimbang amazon US.. bener kg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry sob saya belum pernah beli di amazon UK. Tapi beberapa sobat pernah belanja di sana, & kata meraka memang lebih murah, karena pajak impor inggris lebih kecil dibandingkan US.
      Untuk laptop yang saya beli (2,5kg) di US pajak impor dengan menggunakan Priority Shipping (DHL) biaya pajak impornya $33.27, sedangkan kalau di UK katanya hanya sekitar $25.54 & jarak pengiriman pun lebih dekat, otomatis lebih murah kan...

      Delete
  22. pengen beli Apple phone.. bener yak gak kena biaya tambahan (biaya impor)?
    disitu tertulis harga $239,, brti emg itu ya om yg harus kita bayar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja ada biaya impor-nya sob.
      Btw, harga di Amazon ada yang hanya harga barang tapi juga ada yang harga free shipping (sudah termasuk biaya pengiriman).
      Untuk simpelnya, coba saja beli masukkan ke cart, nanti setelah memasukkan alamat pengiriman → pilihan pengiriman (standard atau expedited) → pilihan pembayaran → total biaya...
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  23. mau nanya om, kalo item yang menggunakan Super Saver Shipping masih ditambah biaya kirim lagi ga ke Indonesia? setau saya kalo dikirim ke alamat di amerika harga yang memakai Super Saver Shipping sudah termasuk ongkir jadinya ga ada biaya tambahan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru dibalas sob...
      Jujur saya belum pernah menggunakan fasilitas tersebut, namun sedekat yang saya tahu fasilitas Super Saver Shipping hanya berlaku untuk pesanan dengan minimal $25 barang dagangan kualifikasi, itu pun tidak termasuk bungkuskan biaya & pajak. Dan juga hanya berlaku untuk alamat pengiriman AS di 50 negara bagian saja sob.

      Sekian & maaf jika jawabannya tidak memuaskan...

      Delete
  24. oh begitu, terimakasih jawabannya sangat membantu :)

    ReplyDelete
  25. mau nanya nih, klo barang nya udah sampai indonesia apakah sebelumnya ada konfirmasi pemberitahuan via surat ataupun tlp dari pihak kantor pos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sob, langsung dikirim ke alamat kita (penerima). Kecuali saat barang datang, kita tidak ada di rumah, biasanya mereka menitip pesan ke tetangga atau memberi kertas catatan di kotak pos/di depan pintu, meminta agar kita mengambil barang & membayar invoice re-packing langsung di kantor pos...

      Delete
  26. masih belum yakin kalau baeang elektronik.
    apakah aman ya?

    produk di amazon pakah terjamin kualitasnya mas bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saat membeli camcoder & laptop sih aman & kualitasnya OK.
      Jika ternyata saat kita terima rusak, kita bisa kembalikan. Pernah 1x saya mengembalikan DVD yang saya terima. Tidak tahu mengapa DVD yang saya beli tidak bisa dimainkan/diputar di player saya. Maka saya langsung cepat-cepat kirim kembali. Ternyata bisa diterima, dan uang saya dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang saya pakai untuk membayar DVD tersebut.

      Delete
  27. salam,
    kalo bli tenda kira_kira berat 4 kilogram bisa ga yah?
    trus ongkor kirimnya gimana?
    klo saya liat disitus fedex ongkir indonesia-USA 170 dolar jadi mahalan ongkos kirimnya dari pada tendanya, tendanya hanya 60 dolar...
    berikut linknya :
    http://www.amazon.com/Coleman-2000001590-Hooligan-3-Tent/dp/B001TSABLA/ref=sr_1_4?s=outdoor-recreation&ie=UTF8&qid=1344870753&sr=1-4&keywords=tent


    mohon petunjuknya

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan berat juga ya...
      Setelah saya lihat penjualnya aslinya seperti pihak ketiga (alibaba.com). Biasanya sih tidak bisa ngirim ke indonesia. Tapi untuk lengkapnya sobat bisa checkout dulu, di sana nanti terlihat berapa yang harus sobat bayar & kalau tidak bisa nanti ada keterangannya kok sob.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. nah setelah kita tahu barapa yang harus dibayar dan ternyata bisa dikirim, apa masih bisa di cencel sob?

      Delete
    3. Berarti baru dicek, belum di-approved & belum dikirim kan?
      Tentu saja bisa...
      Sobat bisa menghapus item dari open order sobat di bagian Order di Account sobat.

      Caranya,
      1. Klik tombol Your Orders di Account sobat.
      2. Klik tombol Clear Products.
      3. Klik kotak centang di sebelah setiap item yang ingin sobat hapus dari pesanan. Jika sobat ingin membatalkan semua order, centang semua item.
      4. Klik tombol Cancel checked items ketika selesai.

      Setelah mengirimkan pembatalan, sobat akan melihat "important Message" layar konfirmasi pembatalan tersebut. Jika sobat membatalkan seluruh pesanan, Amazon juga akan mengirim pesan konfirmasi ke alamat e-mail sobat.
      Sobat juga dapat mengkonfirmasi pembatalan dengan mengunjungi Account sobat. Hanya open order akan muncul. Jika tidak terlihat pesanan, berarti pesanan berhasil dibatalkan.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  28. salam kenal mas..........wah kebetulan nih saya juga ada kendala pas sempet nyoba belanja melalui amazon!!!

    saya pernah beli BB Playbook tapi ternyata katanya alamat saya tidak bisa dijadikan lokasi pengiriman, apakah karena di indonesia ya dan BB/Gadget emang ndak bisa masuk sini ya?!?!?

    termikasih sebelumnya untuk infonya ya mas!?!?!?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, betul sob. Beberapa ponsel & aksesoris ponsel memang tidak bisa dikirim ke Indonesia. Itu pun yang pernah dialami x1 sobat (Mafazi).

      Delete
  29. info yang bagus mas, salam kenal dari Kalimantan Barat, saya mau belanja di amazon tapi bdak punya kartu kredit, bagaimana jika mas memfasilitasi, nanti saya transfer ke rek mas plus fee nya, bagaimana mas?? itung -itung beramal he..he..he.. sebelumnya banyak terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga sob...
      Sebetulnya tidak harus creditcar sob,
      Ada 3 macam jenis pembayaran di amazon, diantaranya
      1. Credit/Debit card (visa, mastercard, Amex, dsb)
      2. Amazon Gift Cards & Promotion Codes
      3. Amazon Store Card
      Btw, sekarang banyak situs/blo yang menjadi partner dari amazon. Bisa di searching kok sob...

      Delete
  30. mau tanya nih gan,kalo misalnya barangnya udh diantar trus gw gk ada dirumah, gimana tuh jadinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat barang datang, kita tidak ada di rumah, biasanya mereka menitip pesan ke tetangga atau memberi kertas catatan di kotak pos/di depan pintu, meminta agar kita mengambil barang & membayar invoice re-packing (Rp.7.000) langsung di kantor pos.
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Satu lagi nih, nanti barangnya dibayar pake dollar atau pake rupiah?

      Delete
    4. Tentu saja pakai dollar yang sudah dikonversi ke rupiah. jika total biaya (harga barang, biaya pengiriman & pajak) $100 & nilai dollar saat ini Rp9.510, maka dibebankan ke tagihan kartu kredit kita sebesar Rp951.000,- sesuai dengan harga barang ($100).
      Kalau repacking pakai rupiah, biasanya sebesar Rp7.000,-

      Delete
  31. bang mau tanya ni, saya punya gift card $21,71, na waktu mau beli barang (jam tangan) seharga $16 kok gak bisa, setiap mau klik continue gak bisa muncul tanda stop, itu kenapa ya bang?? maklum masih newbie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di checkout langsung sob, kalau menurut saya sih kemungkinan besar dananya kurang, $16 itu kan baru harga barang, belum termasuk biaya pengiriman. Karena teman saya sempat beli mp3 Super Bass yang harganya $6 total keseluruhan setelah ditambah Shipping & Handling $16 jadi $22.
      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  32. Salam kenal
    saya pengen coba belanja online di amazon.com dengan kartu virtapay....bisa gaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kartu virtapay itu seperti apa ya?
      Sedekat yang saya tahu, jenis pembayaran di amazon ada 3, diantaranya
      1. Credit/Debit card (visa, mastercard, Amex, dsb)
      2. Amazon Gift Cards & Promotion Codes
      3. Amazon Store Card
      Bahkan hingga kini Amazon tidak menerima pembayaran menggunakan Paypal...

      Delete
  33. Cara kerjanya bayar pakai Debit Card gimana ya Bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir sama dengan menggunakan creditcard, karena kartu debit yang diterima yaitu yang berlogo Visa & mastercard.
      Jika sobat ingin berbelanja menggunakan debitcard, tekan tombol Add a new card, lalu masukkan data debitcard, nama di debitcard, nomor, masa expired kartu dan tipe Kartu yang dipakai (visa/mastercard).

      Delete
    2. Untuk proses debit card kan perlu PIN Bang. Gimana pihak mereka melakukan transaksi tanpa PIN ?

      Delete
    3. Kalau yang belanja di gesek terus isi PIN biasanya hanya berlogo cirus/maestro. sedangkan yang berlogo Visa/Mastercard biasanya hanya digesek lalu tanda tangan di struk seperti menggunakan creditcard (e.g. BNI & BII/mastercard, Mandiri/Visa)

      Delete
    4. Yap sama-sama & salam berbagi sob!...

      Delete
  34. Cara nulisin alamatnya gimana, pakai bahasa inggris atau indonesia, misal kita ada di Jawa Barat, jadi pas nulisin shipping addres di tulis West Java gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penulisan alamat seperti biasa saja seperti jalan, kecamatan, kota/kab, kode pos, provinsi dan Indonesia. Dan sebaiknya cantumkan no ponsel untuk memudahkan kurir mengirim barang
      Contoh
      Muhamad Saiful Amri
      Jl. Raya Cipanas No 4 RT004/RW01
      Pacet, Jawa Barat 43253
      Indonesia
      Phone: +628571234678

      Delete
  35. Om..kalau sy mau beli dvd film apa jg di liat isinya sama bea cukai?sy mau beli dvd water birth..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperiksa bungkus & isinya, sesuai tidak dengan yang tertera di dokumen pengiriman. Dan beberapa kali saya beli DVD & BD, hingga kini belum pernah ada masalah, bahkan kebanyakan bungkus DVD & BD-nya masih dalam keadaan di segel.

      Delete
  36. Mas, nemuin cardholder name di mana ya? Kami punya kartu ATM Bank *TN yang ada logo visanya. Tapi nggak ada nama yang tertera di kartunya. Mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartunya tanpa nama ya?
      Kalau begitu, tulis/gunakan nama pemilik rekening sob (nama yang tercantum di buku tabungan).

      Delete
  37. mau nanya sob, kalau ongkirnya itu kan dibagi menjadi 3 ya?
    standard, expedited, priority.
    yang saya mau tanyakan berapa ongkos kirim per 1kg dari masing2 kelas pengiriman tersebut. trus katanya ada biaya handling lagi ya untuk item2 tertentu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul sob...
      Ongkir tidak selalu berdasarkan berat, namun jenis serta kerentanan barang. Sebagai contoh ongkir di Amazon, terutama buku relatif murah, meski beratnya melebih barang lain seperti camcoder, karena di US ada fasilitas 'media mail', dimana pengiriman dokumen dengan USPS ongkosnya di bawah pengiriman barang non-document. Lalu untuk pembelian BD, ongkirnya US$6 per buah. jika beli 5 buah BD, ongkirnya jadi US$23.08 jadi dapat discount ongkir sekitar US$6,92 (padahal beratnya kan nambah). He..he...
      Mengenai bea handling tergantung jenis barangnya, jika hanya buku atau DVD mungkin handlingnya hanya berupa pengepakan, namun jika barang elektronik atau benda yang berat tentu handlingnya pun berbeda & lebih mahal. Namun di amazon biaya handling menyatu dengan shipping & kalau pengiriman menggunakan expedited atau priority, maka biaya handlingnya pun lebih mahal lagi sob...

      Delete
  38. mau nanya gan, ane kan beli bluray harga nya 25$, tapi karena ongkos dan saya butuh cepat, jadi nya 75$ termasuk pajak 20$ oleh DHL.
    itu kira kira kena bea cukai nya 7500 juga? atau karena shipping+handling nya mahal, harga barang nya jadi mahal?

    fast reply ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap kena biaya repacking Rp7.500,-
      Yap, harga tetap tapi shipping+handling nya mahal, karena sobat menggunakan jenis pengiriman Priority. Tapi kalau pakai Standard, saya biasanya hanya kena sekitar $32 tapi sampainya bisa 2 minggu lebih. He..he...

      Delete
  39. saya mau konsultasi ada facebook,ym atau apapun gan? :)

    ReplyDelete
  40. mav mas mau tanya kalau beli kindlefire hd yg harganya 299$ kena pajak gk ya kalau kita pilih This will be a gift????
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya tetap kena Import Fees Deposit sob...

      Delete
  41. mas saya mau tanya nih tapi pembelian bukan melalui amazon.
    utk kartu atm yang hanya bertuliskan maestro dan cirrus apa bisa digunakan dalam belanja online? soalnya saya melihat ada option logo maestro utk payment. (pembelian barang di asos.com)
    maaf newbie. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang ada payment options dengan logo tersebut (maestro), seharusnya bisa sob...

      Delete
  42. mas q tertarik belanja tablet pc di amazon, klo pake yag international shipping selain kita kena ongkos kirim kata mas bebas bea masuk trus bagaimana dengan pajaknya free jg ap ttp bayar pas barang nyampe di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belanja di Amazon nanti kita sudah kena Import Fees Deposit sob. Import Fees Deposit itu pajak yang akan dibayarkan ke pihak bea cukai di Indonesia.
      Jadi kita tidak kena pajak lagi di sini.

      Delete
    2. berarti nanti harga yg d kasi oleh amazon ud net ya mas

      Delete
    3. Harga price di amazon belum termasuk Import Fees Deposit dan Shipping & Handling sob...
      Untuk melihat Import Fees Deposit + Shipping & Handling dalam US harus dilakukan checkout. Tapi tak usah khawatir, meskipun sudah checkout, kita belum dikenakan biaya apapun. Kita baru dikenakan biaya setelah kita klik Place Order.

      Contoh
      Harga barang tertera di amazon $300, setelah checkout akan terlihat/diketahui dengan pilihan pengiriman priority jadi
      Priority Shipping $60, Import Fees Deposit $35 jadi totalnya $395

      Delete
    4. satu lagi mas, maaf cerewet hehe trus klo belinya bukan langsung din toko amazonnya tp yg lewat pihak ketiga gimana??? aman ga??

      Delete
    5. No problemo sob...
      Wah itu tergantung bisa dipercaya atau tidak pihak ketiganya sob. Karena saya belum pernah belanja via pihak ketiga, karena harganya bisa jadi lebih mahal.
      Seperti yang disampaikan sob Fafa RKH di atas lebih murah langsung, "dibandingkan saya beli melewati jasa pembelian yang bisa sampe 650rb"

      Delete
    6. oke mas trims buat infonya, nanti klo sy ud brhasil sy share lg pengalamannya

      Delete
    7. Okay, sama-sama sob...'
      Btw, saya tunggu sharingnya ya...

      Delete
  43. untuk memesan barang di amazon apakah kita harus mempunyai alamat di amerika utk bisa di survey oleh pihak amazon?
    dan apakah utk pembelian barang elektronik seperti kindle fire hd, camera SLR canon, bb playbook, Ps vita sudah dapat dikirim k indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu sob, saya juga tidak punya alamat di US. Lagi pula tidak ada yang namanya survei, karena kita beli secara cash ke sana, hanya saja dengan menggunakan creditcard.
      Untuk kindle & beberapa kamera SLR bisa, namun untuk bb playbook & Ps vita, saya tidak tahu. Namun itu bisa kita ketahui dengan mengklik check out saat transaksi.

      Delete
  44. wah, terima kasih banyak nih mas ichsan atas info nya. keep update. ;) #2thumbUp for your blog.

    ReplyDelete
  45. assalamualaikum..
    maaf mau tny masih sering blaanja di amazon??
    tinggalnya di mn ya??
    seandainya saya mau nitip beli bisa gak??tar duitnya saya kasih, berhubung saya gak punya kartu kredit..barangnya jg harganya gak sampa 20$..
    please..
    kabarin k email saya ya ferdy.setyonugroho@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam wr. wb.
      Kalau sering sih tidak.
      Maaf, sobat bisa belanja melalui afiliasi amazon. (banyak di google)
      Sekali lagi saya mohon maaf...

      Delete
  46. MasyaALLAH info bermanfaat, semoga ALLAH SWT balas kebaikan antum.

    Saya mau belanja mesin jahit, kira2 ada masalah tak?

    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukron atas do'anya sob, Amien...
      Setahu saya perabot rumah/kantor tidak bisa dikirim ke luar Amerika. Tapi untuk jelasnya bisa di checkout saat transaksi.
      Wassalaam...

      Delete
  47. postingan kereen, di antos kunjungana di http://newfashionmodel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  48. numpang nanya nih,.,
    kalo beli hape di amazon, kira2 bisa dipake di indonesia ga ya mas??
    soal nya ane mau beli motorola charm,,
    takutnya ga bisa di pake di sini..

    thanks before,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian gadget buatan luar negeri bisa digunakan di sini, hanya saja setahu saya untuk ponsel di Amazon tidak bisa dikirim ke Indonesia sob. Entah jika ada kebijakan baru dari sana...

      You're Welcome...

      Delete
  49. om saya ingin menanyakan beberapa hal berhubung bertemu dengan yg sudah pengalaman..
    saya ingin membeli sebuah wireless earphone, dan saya kurang begitu mengerti di bagian pengisian alamat pengiriman...karena saya selalu mendapatkan pesan "We're sorry. This item can't be shipped to your selected destination. You may either change the shipping address or delete the item from your order."
    bisa mohon pencerahannya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti barang tersebut tidak bisa dikirim ke Indonesia, ada beberapa barang selain perabot yang tidak bisa dikirim ke sini yaitu beberapa gadget & ponsel sob. Jika barang bisa ke Indonesia, saat check out akan muncul(contoh)
      Item Subtotal: $32
      Shipping & Handling: $12
      Import Fees Deposit : $10
      Shipment Total: $54
      Paid by Mastercard: $54

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  50. Malam mas..
    Pingin nanya soal DVD di amazon.. Setau saya yg dijual kebanyakan utk Region 1 atau 2.. Nah di Indonesia kan msuk Regional 3.. Takutnya pas ga ada keterangan di detailnya, tu DVD ga bisa di play di Indo.. :-(
    Gimana ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya sudah beberapa kali beli DVD/BD dari amazon & hanya 1x yang bermasalah (tidak bisa dimainkan), lalu saya kembalikan & uang kembali. Selain itu tidak pernah ada masalah sob...

      Sekian & semoga bermanfaat sob...

      Delete
  51. Okay... Nanya lagi mas.. Begitu kita terima email ttg order kita, masih bisa di cancel ga sih, ato di ganti barang, takutnya brg tsb udah terlanjur dikirim.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pesanan telah dikirim tidak bisa dimodifikasi sob... Untuk mengembalikan item yang tidak diinginkan, Sobat bisa menolak paket atau menggunakan Online Center Pengembalian

      Tapi kalau belum dikirim, bisa dengan cara:
      - Klik tombol order di Account sobat
      - Klik tombol Cancel Produk.
      Catatan → Pesanan yang telah dikirim tidak dapat diubah & tombol Cancel Produk tidak akan muncul.
      - Klik kotak centang di sebelah setiap item yang ingin sobat hapus dari pesanan. Jika sobat ingin membatalkan semua order, periksa semua item.
      - Klik tombol Cancel → periksa item ketika selesai.
      Setelah mengirimkan pembatalan, sobat akan melihat "Important Message" di layar konfirmasi pembatalan. Jika sobat membatalkan seluruh pesanan, amazon akan mengirim pesan konfirmasi ke alamat e-mail sobat.

      Sobat juga dapat mengkonfirmasi pembatalan dengan mengunjungi Account sobat . open order akan muncul. Jika sobat tidak melihat pesanan, berarti pembatalan telah berhasil.

      Delete
  52. Numpang nanya mas,
    seller amazon sudah tidak menerima Standard International Shipping ya?
    saya pas mau pesan barang cuma di kasih pilihan Expedited International Shipping sama Priority International Courier.
    mohon pencerahannya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih sob, untuk beberapa produk memang hanya tersedia Expedited International Shipping & Priority International Courier. Biasanya untuk elektronik atau barang dari pihak ke-3.

      Delete
    2. nanya lagi mas,
      klo pesan barang yg pajak udah dibayar sama amazon lewat kurir,
      di kasi gak SSPCP (surat setoran pabean cukai pajak) / kuitansi pembayaran pajaknya mas?

      Delete
    3. Lewat DHL ya?
      Kalau via DHL kita mendapat PIBK dan SSPCP, tapi sayangnya banyak komplain mengenai pelayanan dari DHL.

      Delete
    4. betul mas.
      saya 2x dikirim barang pke DHL kok tidak pernah dikasi PIBK dan SSPCP ya?
      apa dokumennya harus kita minta sendiri?

      Delete
    5. Itulah DHL...
      Seharusnya customer diberikan PIBK & SSPCP baik itu diminta atau pun tidak. Namun entah mengapa, seringkali mereka tidak melampirkannya pada paket, bahkan saat diminta pun mereka tidak memberikannya dengan berbagai alasan.
      Btw, banyak sobat yang komplain (termasuk saya) mengenai pengiriman barang amazon via DHL, dan itu ditanggapi positif oleh pihak Amazon.

      Delete
    6. Wah, susah juga kalau begitu.
      ada solusi gak mas? kalau kita tidak di kasi PIBK dan SSPCPnya mas?
      soalnya saya sangat memerlukan PIBK dan SSPCP.

      Delete
    7. Coba hubungi DHL Service Point daerah sobat. Saya dulu menghubungi Service Poin yang di Bandung, tapi tidak ada tanggapan sob...

      Delete
    8. Terima kasih mas atas informasinya.
      ntar saya coba datangi langsung kantor cabang daerah saya.

      Delete
  53. Assalamu'alaikum :)
    saya mau tanya ttg beacukai nih mas.
    biayanya mmg untuk ganti bungkusnya saja ya? biaya ke jakarta dgn ke jogja sama atau berbeda?

    terima kasih mas atas jawabannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalaam wr. wb. yaa ukhtii...
      Selama saya belanja di Amazon, tidak ada pajak lagi kecuali dari penjual pihak ketiga oleh karena itu sebaiknya beli langsung dari amazon. Bahkan beberapa kali tidak kena biaya repacking. He..he...

      Transaksi di Amazon, nanti harga barang akan meliputi Import Fees Deposit + Shipping & Handling. Import Fees Deposit itu pajak yang akan dibayarkan ke pihak bea cukai di Indonesia. Jadi kita tidak kena pajak lagi di sini.

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
    2. jadi pas nyampe rumah udah nggak dipungut biaya lg kan?
      mau meleset dikit... kalo beli brg di luar amazon lalu shipping via EMS bgmn ya mas?

      sekian, terima kasih :D

      Delete
    3. Yap, betul kecuali untuk beberapa jenis ponsel atau barang dari pihak ketiga.
      Biasanya saat Check Out ada keterangan >> Total Before Tax: $xxx,xx
      Estimated Tax To Be Collected:* $0.00
      Bererti pajak dibayar di sini

      Terima ya?
      Kalau terima kita kena Bea Masuk (Import Duty), PPN (VAT) & PPh >> import duty & VAT tergantung jenis barangnya.
      Jika termasuk Barang mewah ditambah Pajak Barang Mewah (Tax on luxury goods).

      Delete
  54. weq, mau beli case buat Nexus 7 ga bisa dikirim ke sini hadeh! >_<"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tabletnya sih biasanya bisa, entah kalau aksesoris/case-nya sob...

      Delete
  55. sob aku mau nanya nih..

    aku kan mau beli "tablet" di amazon.com
    katanya kan super saver shipping.
    1. kenapa tidak bisa ya dikirim ke indonesia.. ?
    2. dan cara penulisan alamat pada amazon.com bgaimana caranya ya.?
    3. masalah kartu kredit master card kan isinya rupiah sedangkan pembayaran di amazon.com menggunakan dolar bagaimana cara menukarnya menjadi dolar

    mohon bantuannya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya Super Saver Shipping hanya berlaku untuk alamat pengiriman AS di 50 negara bagian saja sob.
      1. Tablet bisa kok dikirim ke Indonesia
      2. Penulisan alamat seperti biasa saja seperti jalan, kecamatan, kota/kab, kode pos, provinsi dan Indonesia. Dan sebaiknya cantumkan no ponsel untuk memudahkan kurir mengirim barang
      Contoh:
      Ikhwanul Fikri
      Jl. Raya Pacet No 4 RT004/RW01
      Pacet, Jawa Barat 43253
      Indonesia
      Phone: +628571234678
      3. Otomatis di covert sob.
      Contoh:
      Total biaya (harga barang, biaya pengiriman & pajak) $100, nilai dollar saat ini Rp9.500, maka dibebankan ke tagihan kartu kredit kita sebesar Rp950.000,- sesuai dengan harga barang ($100).

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  56. Gan saya mau tanya klo pake kartu ATM BCA yg berlogo cirrus/Maestro isa ga buat elanja di amazon soalnya saya awam banget trus newbie lg terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk maestro & Cirrus tidak bisa. Yang bisa kartu dengan logo Visa atau mastercard sob...

      Delete
  57. permisi, saya mau nanya gan ..
    biasanya harga barang dibawah $50 kan tidak kena pajak, saya kok dikenakan pajak sama amazon.

    Items: $15.95
    Shipping & Handling: $19.98
    Total Before Tax: $35.93
    Estimated Tax To Be Collected: $0.00
    Import Fees Deposit $5.93
    Total: $41.86

    apakah tidak ada bebas pajak lagi untuk harga barang dibawah $50?

    mohon petunjuknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih begitu sob...
      Beberapa kali saya belanja dengan nilai di bawah $50.00 tidak kena pajak. Begitu pula dengan sobat lainnya, tidak ada kecuali dari penjual pihak ketiga.
      Coba sobat hubungi & tanyakan langsung ke CS Amazon sob...

      Delete
  58. Om nanya dong. Aku kan pesen CD, terus aku liat total before tax: $18.97 dan estimated tax collected: $0.00.
    Nah itu kira" msh kena pajak lg gak? Soalnya tulisannya kan "total before tax"? Nanti malah dikenai pajak lg pas barangnya udah nyampe ke indonesia.
    Terus, aku coba cancel orderannya & dikirimin e-mail yg kira" isinya kayak gini 'we weren't able to cancel....'
    terus aku cek ke 'your orders' ternyata orderannya msh ada, gak ke hapus. artinya gak bs dong? :(
    kenapa gak bs? Pdhl di pack/shipping aja blm dr sononya. Katanya br di shipping tgl 13 nov hari ini. Aku pesen tgl 11 nov dan aku coba batalin tgl 12 nov. Kan blm di shipping, tp knp tetep gak bs dicancel? :/
    mohon pencerahannya om. Maklum, ini baru pertama kalinya order via online.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk barang di bawah $50 tidak kena bea masuk sob...
      "Total Value equal to US$ 50 or less, import duty are exempted"
      Dan beberapa kali saya beli DVD dengan harga $25 + Shipping $30 (priority via DHL), tidak ada biaya tambahan lainnya sob...

      Berarti barang sudah naik kapal & tidak bisa dibatalkan. Namun sobat bisa mengembalikan item yang tidak diinginkan, Sobat bisa menolak paket atau menggunakan Online Center Pengembalian.

      Semoga bermanfaat...

      Delete
  59. mas mau tanya yah
    kalau kita pakai CC dan kena total biaya katakanlah $45 maka yg ditarik/debet dari CC kita apakah ada penambahan atau tidak, jika ada tambahan, tambahannya berapa % dari nilai barang?

    mengingat biasanya jika belanja di merchant indo sy kena charge 3-3,5%/transaksi

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama saya belanja di amazon tidak ada biaya lain selain total yang tertera saat transaksi sob...

      Delete
  60. ooh gitu ya om. trims ya penjelasannya.
    terus maksud dari "Delivery Estimate: Thursday December 13, 2012 " itu barangnya akan baru diantar pas tanggal 13 desember ato maksudnya 13 desember itu tanggal perkiraan barangnya nyampe ke rumah saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Delivery Estimate : Perkiraan barang sampai ke kita.
      Btw, pakai Standard International Shipping ya?
      Biasanya sih sampai kurang dari 3 minggu sudah sampai sob.

      Untuk standard shipping, selain melalui website amazon.com kita pun bisa memantau perjalanan paket kita melalui website Pos Indonesia online dengan status sebagai Kiriman Tercatat Luar Negeri sob...

      Delete
    2. Saya sudah coba memantau perjalanan paket baik melalui website amazon.com ataupun website Pos Indonesia, tp blm terlacak :/
      kenapa tuh? apa karena baru di'shipping' jadi belum dalam perjalanan paketnya?
      ngechecknya pake tracking number yang dikirim melalu e-mail kan bukan order number di website amazon?

      Delete
    3. Yap betul pakai tracking number yang dikirim melalu e-mail.
      Biasanyanya sih langsung ke-detect sob. Coba tanyakan langsung ke CS-nya melalui email atau chat langsung. Santai saja, mereka ramah-ramah kok sob. He..he…

      Delete
    4. thanks lagi :D
      udah barusan. tapi lagi gak bisa chatting jadinya langsung saya kirimin email aja. hehe
      btw, Delivery Estimate: Thursday December 13, 2012 itu tanggal paling lambat barangnya nyampe ya? Saya pake Standard International Shipping, biasanya kan kurang dr 3 minggu tp kenapa tgl delivery estimate nya bisa sampe 1 bln?

      Delete
    5. oh iya, nanya lagi om, but it's a foolish question. It's just to solve my strange worry.
      saya kan beli CD, Audio CD tepatnya. Itu yang ada video clipnya kan? bukan cuma musiknya doang kayak mp3? -_____-
      I'm afraid if I made mistake in choosing the stuff! -______-

      Delete
    6. Yap, tanggal paling lambat kita terima. Jangka waktu untuk Standard International Shipping antara 17 s.d. 26 hari kerja. Tapi biasanya saya terima sekitar 3 minggu, bahkan kurang.
      1 bulan itu kan estimasi mereka, karena amazon tidak mau mengecewakan pelanggannya.

      Audio CD itu hanya musik tanpa video clip. Kalau yang ada video clip namanya VCD atau DVD sob. Tapi bukan MP3, karena kualitas suara Audio CD jauh lebih baik & lebih jernih cibandingkan MP3, sedangkan hukum MP3 berada dalam zona abu-abu (tidak jelas legalitasnya).

      Delete
    7. berarti saya salah beli dong om -____-
      kan gak bisa dibatalin, cara ngebalikinnya gimana? pasti ribet banget nih. waduh -____-
      mohon dibimbing om, mau pilih VCD yg lain aja kalo gitu. bisa gak produknya minta diganti aja? :(

      Delete
    8. Bisa dikembalikan. Jika dikembalikan bukan karena rusak, biaya pengiriman kembali kita yang menanggungnya.
      Untuk mengembalikan item yang tidak diinginkan, Sobat bisa mengunjungi Online Center Pengembalian Amazon...

      Jika disetujui, maka uang sobat dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang sobat pakai untuk membayar CD Audio tersebut.

      Delete
    9. Oh gitu ya. Bisa gak kalo pesanannya aja yg diubah? Kayaknya gak bisa ya soalnya udah dalam perjalanan paketnya.
      Ya udah deh, jadiin pengalaman aja. Ini pengalaman pertama kalinya saya belanja online. Itu pun masih pake kartu kredit orang tua xD
      Thanks banget yah udah mau menjawab semua pertanyaan saya.
      Lain kali kalo ada yang gak saya paham, saya mampir lagi yak nanya dimari :D

      Delete
    10. Setahu saya sih bisa minta diganti, namun kalau pengembalian bukan karena kesalahan pihak amazon (eg. rusak) biaya pengiriman kembali kita yang tanggung.
      Untuk lebih jelasnya sobat bisa menghubungi CS-nya langsung (via chatting). Karena saya belum pernah mengalaminya, tapi kalau DVD dikembalikan karena tidak bisa dimainkan di player saya pernah sob. He..he...

      Sama-sama & salam berbagi sob...

      Delete
  61. gan, cara membeli menggunakan debit card di amazon bgmn ya ? ada tulisan Card number, Name on card, Expiration date. setau saya debit card tidak ada expiration date. lalu cara mengisinya bgmn ya? trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Card Number >> nomor yang ada di kartu debit
      Name on card >> tulis nama yang ada di kartu (jika ada), jika tidak tulis nama pemilik rekening (di buku tabungan)
      Expiration date >> kadaluarsa kartu (valid thru). Untuk kartu debit dengan logo Visa atau MasterCard selalu ada VALID THRU (berlaku hingga) di bawah nomor kartu sebelah kanan. Yang tidak ada valid thru adalah kartu debit dengan logo cirrus/maestro atau tanpa logo. Silahkan cek lagi sob...

      Btw, debit card yang diterima hanya Visa, MasterCard, atau American Express...
      Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi Membayar dengan Kartu Kredit & Kartu Debit

      Sekian & semoga bermanfaat...

      Delete
  62. mas.. shipping cost yang di amazon itu kan tidak termasuk bea cukai disini.. kemarin mas ada harus bayar apa2 gak ke bea cukainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika total cost sudah termasuk Import Fees Deposit atau kurang dari $50, maka tidak ada biaya lagi di sini...

      Delete
  63. mau tanya, kalau pembayaran di amazon dengan kartu kredit BNI mastercard itu bisa ga? dari email yang saya dapet dari amazon, disebutkan kalau kartu "declined", ini artinya apa ya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sob...
      Decline >> Kartu ditolak biasanya karena limit kredit tidak cukup untuk transaksi...

      Delete
  64. Om saya Tadi barusan beli di amazon. Sudah di kirim konfirmasi email. Lalu saya Batalkan karena ragu. Itu uang Nya langsung di potong ya kalau pakai MasterCard? Kalau langsung di potong. Kalau di Batalkan uang Nya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika pembatalan pesanannya berhasil, otomatis uang dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang sobat pakai...

      Delete
    2. Iya Tadi Ada di Kirim email cancelled Nya . Thanks info Nya om :)

      Delete
    3. Yap, sama-sama & salam berbagi sob!...

      Delete
  65. Om Ichsan, mau nanya nich, kalau nggak punya kartu kredit gimana cara pembayarannya di amazon, aahal aku mau pesan barang tau nggak punya akun pay pal juga. padahal mau pesan barang melalui amazon, mohon infonya OM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 3 macam jenis pembayaran di amazon, diantaranya
      1. Credit/Debit card (visa, mastercard, Amex, dsb)
      2. Amazon Gift Cards & Promotion Codes
      3. Amazon Store Card
      Hingga saat ini Amazon tidak menerima pembayaran dengan menggunakan Paypal sob...

      Delete
  66. Siang, om. Mau nanya lagi nih.
    Amazon belum bisa ngirim jewelry ke Indonesia ya?
    Setiap saya coba order selalu gak bisa walo harganya gak nyampe $10 -___-

    Terus, setiap barang yang dikirim dari luar negeri pasti diperiksa lagi sama pos indonesia ya? Bungkusnya selalu dibuka ato gak juga?
    Kalo diperiksa, berarti ada kemungkinan barangnya bisa dicuri oleh OKNUM-OKNUM tertentu dong? Bukannya nuduh, cuma was-was aja. Saya pernah denger ada kasus kayak gitu tapi di Bea Cukai.
    Jadi agak ragu kalo mau order jewelry walo gak mahal-mahal amat harganya -_____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, untuk jewelry, perabot RT, alat pertanian, dsb tidak bisa dikirim ke Indonesia. Bahkan Disc PS3 juga tidak bisa, padahal berat & bentuknya sama dengan CD/DVD/BD. He..he...

      Yap, diperiksa sob. Selama saya bertransaksi, saya belum pernah mengalami hal semacam itu. Jika pun terjadi, kita bisa complain ke Amazon, bahwa barang tidak kita terima & mereka akan mengembalikan uang atau mengganti dengan barang lainnya.

      Delete
    2. ooh.. gitu yak..
      Thanks om :D

      btw, pernah belanja di ebay gak?
      kalo pernah, bisa gak buat entri baru tentang eBay?
      Request dong, om! hhe XD

      Delete
    3. Yap, sama-sama sob...
      Jujur saja, belum pernah sob. He..he...
      Tapi insya ALLAH lain waktu saya coba belanja di sana.

      Delete
    4. oh belum pernah ya.
      kalo akun paypal punya gak om?
      kalo di eBay kan harus pake akun paypal...

      Delete
    5. Tidak punya juga sob. He..he...
      Saya sejak dulu terbiasa & lebih nyaman belanja online menggunakan Credit Card baik di Amazon atau online shop lainnya.
      Bahkan saya mulai belanja di Amazon sejak 10 tahun yang lalu (2002), sebelum memasyarakat seperti sekarang. He..he...

      Delete
  67. mas saya belanja di amazon grand total$244 tp di atas ada before tax itu kalo barang nyampe rumah ada biaya lagi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung barangnya sob...
      Kalau berupa buku, peta, globe tidak kena biaya lagi. Namun untuk yang lainnya kena Import Duty (0% s.d. 15%) & VAT/PPN (10%)

      Delete
  68. Buat rekan2 yang ingin belanja di ebay, amazon, atau US website lainnya, bisa titip atau menggunakan jasa forwarding door to door. Jadi urusan pajak atau metode pembayaran mereka bisa urus apalagi yang tidak berpengalaman untuk mengurus di bea cukai. Kita tinggal tunggu di alamat masing2, barang akan dikirim dari kantor mereka di indonesia melalui jne. Saran saya cari jasa yang sudah terpercaya, dan mau memberikan garansi dan lebih bagus lagi kalau mereka punya kantor di US sana, karena mereka bisa bantu juga untuk pembelian barang yang hanya melayani pengiriman ke alamat di US terlebih dahulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon mampir ya om ichsan, gak semgaja googling masuk sini. Thanks hehe

      Delete
    2. Okay, nice info sob...
      No problemo, tapi kok di profil bloggernya tidak ada alamat blognya sob?

      Delete
  69. selamat siang mas,

    thread dan info yg sangat brguna, namun ad bbrapa hal yg ingin saya tanyakan kepada mas. Baru2 ini saya ingin meng order brang dari amazon, katakan lah sbuah jam tangan dgan harga US600 dan smua itu sudah trmasuk fee yg dicantumkan priority shipping, pertanyaan saya:

    1. apakah brang yg sudah kita order, akan tiba ke alamat rumah kita , sesuai yg telah kita cantumkan di website amazon? bila tidak , apa yg harus sya lakukan? apakah saya prlu ke jasa pngiriman yg dimaksud? atau ke POS Indonesia dan bea cukai?
    2. apakah kita dibebaskan dari biaya sepeser pun, dan hanya dikenakan biaya repackaging dngan harga Rp.7500 sesuai dngan yg mas tulis di atas? bnyak dari teman2 sya yg komplain, atas pngriman pos indonesia dan bea cukai yg dikarenkan mrka memberikan biaya tmbahan yg tidak tau dari mana asalnya....dan prnah teman saya mngirim Hp dari US, namun setibanya di Indonesia...HP itu dinyatakan tidak prnah dikirim..walaupun teman saya bisa mnunjukkan surat pngiriman...namun ttap tidak ad tnggapan dari phak yg brwajib...apa yg harus sya lakukan bila kejadian hal serupa terjadi??maaf mas bukan saya menjelekkan..saya hnya bingung dngan yg trjadi di luar sana.
    3. apakah garansi yg diberikan amazon, berlaku juga di Indonesia?

    mohon pencerahan nya mas, sya pribadi ingin meng order, namun saya sndri masi ragu....
    terima kasih sebelum nya, mohon dibalas mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang sob...
      1. Perkiraan waktu penerimaan tersebut relatif akurat meski terkadang meleset tapi biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja. Langsung diantar ke rumah, kecuali saat paket datang anda tidak ada. Biasanya akan dihubungi & sobat diminta mengambilnya langsung di Kantor Pos.
      2. Jika biaya di atas merupakan total biaya termasuk Import Fees Deposit, maka tidak ada biaya lainnya.
      Jika barang tidak sampai, kita bisa langsung complain ke CS Amazon. Mereka akan meminta maaf & memberikan 2 opsi (uang kembali atau dikirim yang baru)
      3. Yap, berlaku juga. Saya pernah mengembalikan DVD yang saya terima, karena tidak bisa dimainkan/diputar di player saya dan uang saya dikembalikan dalam bentuk transaksi di credit card yang saya pakai untuk membayar DVD tersebut.

      Semoga bermanfaat...

      Delete
    2. Sama-sama & salam berbagi sob!...

      Delete
  70. Mas, pernah beli software pendidikan untuk anak di Amazon.com belum? Saya coba katanya "We're sorry. This item can't be shipped to your selected destination" kira-kira kenapa ya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah sob...
      Saya biasa beli software langsung dari situs resmi penyedia/pembuatnya...

      Memang banyak software yang tidak bisa masuk/dikirim ke Indonesia. Bahkan Disc PS3 juga tidak bisa, padahal berat & bentuknya sama dengan CD/DVD/BD musik atau film biasa. He..he...

      Delete
  71. Om, barang yg saya order satu bulan lalu belum nyampe dan gak ada tuh telepon dari kantor posnya. Padahal hari ini tanggal delivery estimatednya.
    Kira-kira, apa yang terjadi dgn orderan saya?
    Apa mungkin masih dlm perjalanan atau tertahan di kantor pos?
    Sebaiknya, apa yg hrs saya lakukan?
    Menunggu beberapa hari lagi, menghubungi pihak amazon, atau pergi ke kantor pos untuk mengecek langsung?

    ReplyDelete